Minggu, 06 Januari 2013

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Administratif Khusus Yogyakarta, di Pulau Jawa adalah provinsi terkecil di Indonesia (termasuk ibukota Jakarta). Yogyakarta adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang masih diperintah oleh monarki pra-kolonial, Sultan Yogyakarta, yang menjabat sebagai gubernur keturunan dari provinsi. Kota Yogyakarta merupakan ibukota provinsi. Dalam bahasa Jawa itu diucapkan, dan dinamai kota Ayodhya di Jawa-Hindu mitologi.

Daerah Administratif Khusus yang terletak di dekat pantai selatan Jawa, seluruhnya dalam provinsi Jawa Tengah. Populasi di Sensus 2010 adalah 3.452.390. Ini memiliki luas wilayah 3,133.15 km2, sehingga daerah kedua terkecil provinsi di Indonesia, setelah DKI Jakarta. Seiring dengan daerah sekitarnya di Jawa Tengah, memiliki beberapa dari kepadatan penduduk tertinggi di Jawa.

Gunung Merapi terletak di utara langsung dari kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan telah meletus secara berkala sejak 1548. Hal terakhir meletus pada bulan Oktober-November 2010, menewaskan dan melukai banyak orang dan untuk sementara menggusur sekitar 100.000 warga.

Yogyakarta dilayani oleh Bandara Internasional Adisucipto. Ada dua stasiun kereta api: Lempuyangan dan Yogyakarta (juga disebut Tugu station). Yogyakarta dianggap sebagai salah satu hub utama yang menghubungkan rute barat-timur kereta api utama di pulau Jawa. Di sebelah selatan, di wilayah Bantul, adalah bus Giwangan stasiun, terminal bus terbesar di Indonesia. Pusat metropolitan Yogyakarta dikelilingi oleh jalan lingkar.

Sejak tahun 2008, Daerah Administratif Khusus Yogyakarta meluncurkan bus sistem transit cepat, Trans Jogja, yang menghubungkan banyak tempat di dan sekitar kota Yogyakarta, termasuk bandara dan Candi Prambanan.

Yogyakarta adalah rumah bagi lebih dari 100 lembaga dari pendidikan tinggi di Indonesia, jumlah tertinggi dari lembaga pendidikan tinggi dari setiap provinsi di Indonesia.

Daerah Administratif Khusus juga merupakan rumah dari universitas pertama mapan swasta di Indonesia, Universitas Islam Indonesia, yang didirikan pada tahun 1945. The Institute of Arts Indonesia, universitas pertama mapan dalam seni rupa, juga di wilayah .. Universitas besar lainnya termasuk Universitas Gadjah Mada, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah di Yogyakarta dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar